Ibu (*_*)

Ibu (*_*)

Rabu, 15 April 2015

Contoh Silabus Pembelajaran Aqidah Akhlak




SILABUS PEMBELAJARAN

Nama Sekolah                          : SMA AL-MUNAWWAROH                                                                                                       
Mata Pelajaran                         : Aqidah Akhlak                                                                                   
Kelas / Semester                      : X /  Semester II
Standar Kompetensi                 : 5. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui sifat-sifatNya dalam asma’ul husna
Alokasi Waktu                          : 4X45 menit
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Evaluasi
Alokasi Waktu
Sumber  Belajar
5.1    Menguraikan 10 asmaul husna (al-muqsyid, al- warits, an-nafi’, al-bashith, al-hafidz, al-waliy, al-waduud, ar-rafi’, al-mu’iz dan al-afuuw).






10 asmaul husna (al-muqsyid, al- warits, an-nafi’, al-bashith, al-hafidz, al-waliy, al-waduud, ar-rafi’, al-mu’iz dan al-afuuw).
·       Siswa mampu mengartikan 10 asmaul husna (al-muqsyid, al- warits, an-nafi’, al-bashith, al-hafidz, al-waliy, al-waduud, ar-rafi’, al-mu’iz dan al-afuuw).
·       Siswa mampu menjelaskan 10 asmaul husna (al-muqsyid, al- warits, an-nafi’, al-bashith, al-hafidz, al-waliy, al-waduud, ar-rafi’, al-mu’iz dan al-afuuw).
·       Guru mengartikan tentang 10 asmaul husna (al-muqsyid, al- warits, an-nafi’, al-bashith, al-hafidz, al-waliy, al-waduud, ar-rafi’, al-mu’iz dan al-afuuw).
·       Guru menjelaskan tentang 10 asmaul husna (al-muqsyid, al- warits, an-nafi’, al-bashith, al-hafidz, al-waliy, al-waduud, ar-rafi’, al-mu’iz dan al-afuuw).
·  Tanya jawab
·  Tes Lisan


2x45 menit
·      Buku Pendidikan Agama Islam Kelas X dan XI
·      Al-Qur`an terjemah
·      Juz Amma
·      Internet
·      Slide
·      Papan tulis

5.2    Menyebutkan perilaku orang yang mengutamakan 10 asmaul husna (al-muqsyid, al- warits, an-nafi’, al-bashith, al-hafidz, al-waliy, al-waduud, ar-rafi’, al-mu’iz dan al-afuuw).

Perilaku-perilaku orang yang mengutamakan 10 asmaul husna (al-muqsyid, al- warits, an-nafi’, al-bashith, al-hafidz, al-waliy, al-waduud, ar-rafi’, al-mu’iz dan al-afuuw).

·       Siswa mampu Menyebutkan contoh perilaku terpuji melalui 10 asmaul husna (al-muqsyid, al- warits, an-nafi’, al-bashith, al-hafidz, al-waliy, al-waduud, ar-rafi’, al-mu’iz dan al-afuuw).
·       Siswa mampu menyebutkan orang yang mengutamakan sikap terpuji melalui 10 asmaul husna (al-muqsyid, al- warits, an-nafi’, al-bashith, al-hafidz, al-waliy, al-waduud, ar-rafi’, al-mu’iz dan al-afuuw).

·      Guru memberikan contoh tentang perilaku terpuji melalui 10 asmaul husna (al-muqsyid, al- warits, an-nafi’, al-bashith, al-hafidz, al-waliy, al-waduud, ar-rafi’, al-mu’iz dan al-afuuw).
·      Guru menjelaskan tentang perilaku orang yang mengutamakan sikap terpuji melalui 10 asmaul husna (al-muqsyid, al- warits, an-nafi’, al-bashith, al-hafidz, al-waliy, al-waduud, ar-rafi’, al-mu’iz dan al-afuuw).

·  Tanya jawab
·  Tes Lisan
·          
1x45 menit
·      Buku Pendidikan Agama Islam Kelas X dan XI
·      Al-Qur`an terjemah
·      Juz Amma
·      Internet
·      Slide
·      Video
5.3    Meneladani sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 asmaul husna (al-muqsyid, al- warits, an-nafi’, al-bashith, al-hafidz, al-waliy, al-waduud, ar-rafi’, al-mu’iz dan al-afuuw) dalam kehidupan sehari-hari.
Teladan bagi orang yang mengamalkan sifat Allah dalam 10 asmaul husna (al-muqsyid, al- warits, an-nafi’, al-bashith, al-hafidz, al-waliy, al-waduud, ar-rafi’, al-mu’iz dan al-afuuw).

·       Siswa mampu menyebutkan katagori orang yang termasuk berperilaku terpuji melalui 10 asmaul husna (al-muqsyid, al- warits, an-nafi’, al-bashith, al-hafidz, al-waliy, al-waduud, ar-rafi’, al-mu’iz dan al-afuuw).
·       Siswa mampu menyebutkan orang yang meneladani perilaku terpuji dalam 10 asmaul husna (al-muqsyid, al- warits, an-nafi’, al-bashith, al-hafidz, al-waliy, al-waduud, ar-rafi’, al-mu’iz dan al-afuuw).

·       Guru Menjelaskan tentang katagori orang yang termasuk berperilaku terpuji melalui 10 asmaul husna (al-muqsyid, al- warits, an-nafi’, al-bashith, al-hafidz, al-waliy, al-waduud, ar-rafi’, al-mu’iz dan al-afuuw).
·       Guru menjelaskan tentang orang yang meneladani perilaku terpuji dalam 10 asmaul husna (al-muqsyid, al- warits, an-nafi’, al-bashith, al-hafidz, al-waliy, al-waduud, ar-rafi’, al-mu’iz dan al-afuuw).

·  Tanya jawab
·  Tes Lisan

1x45 menit
·      Buku Pendidikan Agama Islam Kelas X dan XI
·      Al-Qur`an terjemah
·      Juz Amma
·      Internet
·      Slide
·      Video


Nama Sekolah                          : SMA AL-MUNAWWAROH                                                                                                       
Mata Pelajaran                         : Aqidah Akhlak                                                                                   
Kelas / Semester                      : X / Semester II
Standar Kompetensi                 : 6. Membiasakan perilaku terpuji
Alokasi Waktu                          : 6X45 menit
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Evaluasi
Alokasi Waktu
Sumber  Belajar
6.1    Menjelaskan pengertian perilaku terpuji 
Perilaku terpuji
·        Siswa mampu menjelaskan pengertian perilaku terpuji
·        Siswa mampu menyebutkan macam-macam perilaku terpuji
·       Guru menjelaskan tentang pengertian perilaku terpuji
·       Guru menjelaskan tentang macam-macam perilaku terpuji
·       Tanya jawab
·       Tes lisan
1x45 menit
·      Buku Pendidikan Agama Islam Kelas X dan XI
·      Al-Qur`an terjemah
·      Juz Amma
·      Internet
·      Slide
·      Video
6.2    Menjelaskan pengertian husnuzzan dan pentingnya husnuzan
Husnuzzan
·       Siswa mampu menjelaskan pengertian husnuzzan
·       Siswa mampu menyebutkan bentuk dan contoh perilaku husnuzzan
·       Siswa mampu menyebutkan dampak positif dari husnuzzan
·       Siswa mampu menjelaskan hikmah berperilaku husnuzzan
·       Guru menjelaskan tentang pengertian husnuzzan
·       Guru menjelaskan tentang bentuk-bentuk dan contoh perilaku husnuzzan
·       Guru menjelaskan tentang dampak positif berperilaku husnuzzan
·       Guru menjelaskan tentang hikmah berperilaku husnuzzan
·       Tanya jawab
·       Tes lisan
·       Tes tertulis
1x45 menit
·      Buku Pendidikan Agama Islam Kelas X dan XI
·      Al-Qur`an terjemah
·      Juz Amma
·      Internet
·      Slide
·      Video
6.3    Menjelaskan pengertian taubat dan pentingnya taubat
Taubat
·       Siswa mampu menjelaskan pengertian taubat
·       Siswa mampu menyebutkan macam-macam taubat
·       Siswa mampu menyebutkan kriteria orang yang bertaubat
·       Siswa mampu menyebutkan macam-macam orang kafir yang bertaubat

·       Guru menjelaskan tentang pengertian taubat
·       Guru menjelaskan tentang macam-macam taubat
·       Guru menjelaskan tentang kriteria orang yang bertaubat
·       Guru menjelaskan tentang macam-macam orang kafir yang bertaubat


·       Tanya jawab
·       Tes lisan
·       Tes tertulis
2x45 menit
·      Buku Pendidikan Agama Islam Kelas X dan XI
·      Al-Qur`an terjemah
·      Juz Amma
·      Internet
·      Slide
·      Video
6.4    Menjelaskan pengertian taubat dan pentingnya taubat
Taubat
·       Siswa mampu menyebutkan tata cara bertaubat
·       Siswa mampu menyebutkan syarat-syarat bertaubat
·       Siswa mampu menyebutkan manfaat taubat dan dampak positif dari taubat.
·       Guru menjelaskan tentang tata cara bertaubat
·       Guru menjelaskan tentang syarat-syarat bertaubat
·       Guru menjelaskan tentang manfaat dan dampak positif dari taubat
·       Tanya jawab
·       Tes lisan
·       Tes tertulis
2x45 menit
·      Buku Pendidikan Agama Islam Kelas X dan XI
·      Al-Qur`an terjemah
·      Juz Amma
·      Internet
·      Slide
·      Video


Nama Sekolah                          : SMA AL-MUNAWWAROH                                                                                                       
Mata Pelajaran                         : Aqidah Akhlak                                                                                   
Kelas / Semester                      : X / Semester II
Standar Kompetensi                 : 7. Menghindari Perilaku Tercela
Alokasi Waktu                          : 6X45 menit
Kompetensi Dasar
Materi Pembelajaran
Indikator Pembelajaran
Kegiatan Pembelajaran
Evaluasi
Alokasi Waktu
Sumber  Belajar
7.1    Menjelaskan pengertian perilaku tercela
Perilaku tercela
·        Siswa mampu menjelaskan pengertian perilaku tercela
·        Siswa mampu menyebutkan macam-macam perilaku tercela
·       Guru menjelaskan tentang pengertian perilaku tercela
·       Guru menjelaskan tentang macam-macam perilaku tercela
·       Tanya jawab
·       Tes lisan
·       Tugas kelompok
1x45 menit
·      Buku Pendidikan Agama Islam Kelas X dan XI
·      Al-Qur`an terjemah
·      Juz Amma
·      Internet
·      Slide
·      Video
7.2    Menjelaskan pengertian hasad
Hasad
·        Siswa mampu menjelaskan pengertian hasad
·        Siswa mampu menyebutkan dalil Al-Qur`an dan Hadits tentang hasad
·        Siswa mampu menyebutkan contoh perbuatan hasad
·        Siswa mampu menyebutkan dampak negatif hasad
·        Siswa mampu menjelaskan cara menghindari perilaku hasad
·       Guru menjelaskan tentang pengertian hasad
·        Guru membacakan dan menjelaskan tentang dalil Al-Qur`an dan Hadits tentang hasad
·        Guru menjelaskan tentang contoh perbuatan hasad
·        Guru menjelaskan tentang dampak negatif hasad
·       Guru menjelaskan tentang cara menghindari perilaku hasad
·       Tanya jawab
·       Tes lisan
1x45 menit
·      Buku Pendidikan Agama Islam Kelas X dan XI
·      Al-Qur`an terjemah
·      Juz Amma
·      Internet
·      Slide
·      Video
·      Lembaran lepas
7.3    Menjelaskan pengertian riya`
Riya`
·        Siswa mampu menjelaskan pengertian riya`
·        Siswa mampu menyebutkan dalil Al-Qur`an dan Hadits tentang riya`
·        Siswa mampu menyebutkan contoh perbuatan riya`
·        Siswa mampu menyebutkan dampak negatif riya`
·        Siswa mampu menjelaskan cara menghindari perilaku
riya`
·       Guru menjelaskan tentang pengertian riya`
·        Guru membacakan dan menjelaskan tentang dalil Al-Qur`an dan Hadits tentang riya`
·        Guru menjelaskan tentang contoh perbuatan riya`
·        Guru menjelaskan tentang dampak negatif riya`
·       Guru menjelaskan tentang cara menghindari perilaku riya`
·       Tanya jawab
·       Tes lisan
1x45 menit
·      Buku Pendidikan Agama Islam Kelas X dan XI
·      Al-Qur`an terjemah
·      Juz Amma
·      Internet
·      Slide
·      Video
·      Lembaran lepas
7.4    Menjelaskan pengertian aniaya
Aniaya
·        Siswa mampu menjelaskan pengertian aniaya
·        Siswa mampu menyebutkan dalil Al-Qur`an dan Hadits tentang aniaya
·        Siswa mampu menyebutkan contoh perbuatan aniaya
·        Siswa mampu menyebutkan dampak negatif aniaya
·        Siswa mampu menjelaskan cara menghindari perilaku aniaya
·       Guru menjelaskan tentang pengertian aniaya
·        Guru membacakan dan menjelaskan tentang dalil Al-Qur`an dan Hadits tentang aniaya
·        Guru menjelaskan tentang contoh perbuatan aniaya
·        Guru menjelaskan tentang dampak negatif aniaya
·       Guru menjelaskan tentang cara menghindari perilaku aniaya

·       Tanya jawab
·       Tes lisan
1x45 menit
·      Buku Pendidikan Agama Islam Kelas X dan XI
·      Al-Qur`an terjemah
·      Juz Amma
·      Internet
·      Slide
·      Video
·      Lembaran lepas
7.5    Menjelaskan pengertian diskriminasi
Diskriminasi
·        Siswa mampu menjelaskan pengertian diskriminasi
·        Siswa mampu menyebutkan dalil Al-Qur`an dan Hadits tentang diskriminasi
·        Siswa mampu menyebutkan contoh perbuatan diskriminasi
·        Siswa mampu menyebutkan dampak negatif diskriminasi
·        Siswa mampu menjelaskan cara menghindari perilaku diskriminasi
·       Guru menjelaskan tentang pengertian diskriminasi
·        Guru membacakan dan menjelaskan tentang dalil Al-Qur`an dan Hadits tentang diskriminasi
·        Guru menjelaskan tentang contoh perbuatan diskriminasi
·        Guru menjelaskan tentang dampak negatif diskriminasi
·       Guru menjelaskan tentang cara menghindari perilaku diskriminasi
·       Tanya jawab
·       Tes lisan
2x45 menit
·      Buku Pendidikan Agama Islam Kelas X dan XI
·      Al-Qur`an terjemah
·      Juz Amma
·      Internet
·      Slide
·      Video
·      Lembaran lepas

Tenggarong, 16 Januari 2015

Mengetahui,

Kepala SMA Al-Munawwaroh,
Guru Pamong,
Mahasiswa PPL,




JANIP, S.Sos.I.,MSI
NIK:




WIJAYANTO SAPUTRO, S.Pd.I
NIK:




SITI HALIMAH TUSA’DIYAH
NIM:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar