SILABUS
PEMBELAJARAN
Nama Sekolah : SMA AL-MUNAWWAROH
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester : X / Semester II
Standar Kompetensi :
5. Meningkatkan keimanan kepada Allah melalui sifat-sifatNya dalam asma’ul
husna
Alokasi Waktu :
4X45 menit
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Evaluasi
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
5.1 Menguraikan 10
asmaul husna (al-muqsyid, al- warits, an-nafi’, al-bashith, al-hafidz,
al-waliy, al-waduud, ar-rafi’, al-mu’iz dan al-afuuw).
|
10 asmaul husna
(al-muqsyid, al- warits, an-nafi’, al-bashith, al-hafidz, al-waliy,
al-waduud, ar-rafi’, al-mu’iz dan al-afuuw).
|
·
Siswa mampu mengartikan 10 asmaul husna (al-muqsyid,
al- warits, an-nafi’, al-bashith, al-hafidz, al-waliy, al-waduud, ar-rafi’,
al-mu’iz dan al-afuuw).
·
Siswa mampu menjelaskan 10 asmaul husna (al-muqsyid,
al- warits, an-nafi’, al-bashith, al-hafidz, al-waliy, al-waduud, ar-rafi’,
al-mu’iz dan al-afuuw).
|
·
Guru mengartikan tentang 10 asmaul
husna (al-muqsyid, al- warits, an-nafi’, al-bashith, al-hafidz, al-waliy, al-waduud,
ar-rafi’, al-mu’iz dan al-afuuw).
·
Guru menjelaskan tentang 10 asmaul
husna (al-muqsyid, al- warits, an-nafi’, al-bashith, al-hafidz, al-waliy,
al-waduud, ar-rafi’, al-mu’iz dan al-afuuw).
|
· Tanya jawab
· Tes Lisan
|
2x45 menit
|
·
Buku Pendidikan Agama
Islam Kelas X dan XI
·
Al-Qur`an terjemah
·
Juz Amma
·
Internet
·
Slide
·
Papan tulis
|
5.2 Menyebutkan
perilaku orang yang mengutamakan 10 asmaul husna (al-muqsyid, al- warits,
an-nafi’, al-bashith, al-hafidz, al-waliy, al-waduud, ar-rafi’, al-mu’iz dan
al-afuuw).
|
Perilaku-perilaku
orang yang mengutamakan 10 asmaul husna (al-muqsyid, al- warits, an-nafi’,
al-bashith, al-hafidz, al-waliy, al-waduud, ar-rafi’, al-mu’iz dan al-afuuw).
|
·
Siswa mampu Menyebutkan contoh perilaku
terpuji melalui 10 asmaul husna (al-muqsyid, al- warits, an-nafi’,
al-bashith, al-hafidz, al-waliy, al-waduud, ar-rafi’, al-mu’iz dan al-afuuw).
·
Siswa mampu menyebutkan orang yang
mengutamakan sikap terpuji melalui 10 asmaul husna (al-muqsyid, al- warits,
an-nafi’, al-bashith, al-hafidz, al-waliy, al-waduud, ar-rafi’, al-mu’iz dan
al-afuuw).
|
·
Guru memberikan contoh tentang perilaku
terpuji melalui 10 asmaul husna (al-muqsyid, al- warits, an-nafi’,
al-bashith, al-hafidz, al-waliy, al-waduud, ar-rafi’, al-mu’iz dan al-afuuw).
·
Guru menjelaskan tentang perilaku
orang yang mengutamakan sikap terpuji melalui 10 asmaul husna (al-muqsyid,
al- warits, an-nafi’, al-bashith, al-hafidz, al-waliy, al-waduud, ar-rafi’,
al-mu’iz dan al-afuuw).
|
·
Tanya
jawab
·
Tes
Lisan
·
|
1x45 menit
|
·
Buku
Pendidikan Agama Islam Kelas X dan XI
·
Al-Qur`an
terjemah
·
Juz
Amma
·
Internet
·
Slide
·
Video
|
5.3 Meneladani
sifat-sifat Allah yang terkandung dalam 10 asmaul husna (al-muqsyid, al-
warits, an-nafi’, al-bashith, al-hafidz, al-waliy, al-waduud, ar-rafi’,
al-mu’iz dan al-afuuw) dalam kehidupan sehari-hari.
|
Teladan bagi orang
yang mengamalkan sifat Allah dalam 10 asmaul husna (al-muqsyid, al- warits,
an-nafi’, al-bashith, al-hafidz, al-waliy, al-waduud, ar-rafi’, al-mu’iz dan
al-afuuw).
|
·
Siswa mampu menyebutkan katagori orang yang termasuk
berperilaku terpuji melalui 10 asmaul husna (al-muqsyid, al- warits,
an-nafi’, al-bashith, al-hafidz, al-waliy, al-waduud, ar-rafi’, al-mu’iz dan
al-afuuw).
·
Siswa mampu menyebutkan orang yang meneladani perilaku
terpuji dalam 10 asmaul husna (al-muqsyid, al- warits, an-nafi’, al-bashith,
al-hafidz, al-waliy, al-waduud, ar-rafi’, al-mu’iz dan al-afuuw).
|
·
Guru Menjelaskan tentang katagori orang yang termasuk
berperilaku terpuji melalui 10 asmaul husna (al-muqsyid, al- warits,
an-nafi’, al-bashith, al-hafidz, al-waliy, al-waduud, ar-rafi’, al-mu’iz dan
al-afuuw).
·
Guru menjelaskan tentang orang yang meneladani perilaku
terpuji dalam 10 asmaul husna (al-muqsyid, al- warits, an-nafi’, al-bashith,
al-hafidz, al-waliy, al-waduud, ar-rafi’, al-mu’iz dan al-afuuw).
|
·
Tanya
jawab
· Tes Lisan
|
1x45 menit
|
·
Buku
Pendidikan Agama Islam Kelas X dan XI
·
Al-Qur`an
terjemah
·
Juz
Amma
·
Internet
·
Slide
·
Video
|
Nama Sekolah : SMA AL-MUNAWWAROH
Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak
Kelas / Semester : X / Semester II
Standar Kompetensi :
6. Membiasakan perilaku terpuji
Alokasi Waktu :
6X45 menit
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Evaluasi
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
6.1 Menjelaskan pengertian perilaku terpuji
|
Perilaku terpuji
|
·
Siswa mampu
menjelaskan pengertian perilaku terpuji
·
Siswa mampu
menyebutkan macam-macam perilaku terpuji
|
·
Guru menjelaskan tentang
pengertian perilaku terpuji
·
Guru menjelaskan
tentang macam-macam perilaku terpuji
|
·
Tanya jawab
·
Tes lisan
|
1x45 menit
|
·
Buku
Pendidikan Agama Islam Kelas X dan XI
·
Al-Qur`an
terjemah
·
Juz
Amma
·
Internet
·
Slide
·
Video
|
6.2 Menjelaskan pengertian husnuzzan dan pentingnya husnuzan
|
Husnuzzan
|
·
Siswa mampu
menjelaskan pengertian husnuzzan
·
Siswa mampu
menyebutkan bentuk dan contoh perilaku husnuzzan
·
Siswa mampu
menyebutkan dampak positif dari husnuzzan
·
Siswa mampu
menjelaskan hikmah berperilaku husnuzzan
|
·
Guru menjelaskan tentang
pengertian husnuzzan
·
Guru menjelaskan tentang
bentuk-bentuk dan contoh perilaku husnuzzan
·
Guru menjelaskan
tentang dampak positif berperilaku husnuzzan
·
Guru menjelaskan
tentang hikmah berperilaku husnuzzan
|
·
Tanya jawab
·
Tes lisan
·
Tes tertulis
|
1x45 menit
|
·
Buku
Pendidikan Agama Islam Kelas X dan XI
·
Al-Qur`an
terjemah
·
Juz
Amma
·
Internet
·
Slide
·
Video
|
6.3 Menjelaskan pengertian taubat dan pentingnya taubat
|
Taubat
|
·
Siswa mampu
menjelaskan pengertian taubat
·
Siswa mampu
menyebutkan macam-macam taubat
·
Siswa mampu
menyebutkan kriteria orang yang bertaubat
·
Siswa mampu
menyebutkan macam-macam orang kafir yang bertaubat
|
·
Guru menjelaskan
tentang pengertian taubat
·
Guru menjelaskan
tentang macam-macam taubat
·
Guru menjelaskan
tentang kriteria orang yang bertaubat
·
Guru menjelaskan
tentang macam-macam orang kafir yang bertaubat
|
·
Tanya
jawab
·
Tes
lisan
·
Tes
tertulis
|
2x45 menit
|
·
Buku
Pendidikan Agama Islam Kelas X dan XI
·
Al-Qur`an
terjemah
·
Juz
Amma
·
Internet
·
Slide
·
Video
|
6.4 Menjelaskan pengertian taubat dan pentingnya taubat
|
Taubat
|
·
Siswa
mampu menyebutkan tata cara bertaubat
·
Siswa
mampu menyebutkan syarat-syarat bertaubat
·
Siswa mampu
menyebutkan manfaat taubat dan dampak positif dari taubat.
|
·
Guru
menjelaskan tentang tata cara bertaubat
·
Guru
menjelaskan tentang syarat-syarat bertaubat
·
Guru menjelaskan
tentang manfaat dan dampak positif dari taubat
|
·
Tanya
jawab
·
Tes
lisan
·
Tes tertulis
|
2x45 menit
|
·
Buku
Pendidikan Agama Islam Kelas X dan XI
·
Al-Qur`an
terjemah
·
Juz
Amma
·
Internet
·
Slide
·
Video
|
Nama Sekolah : SMA AL-MUNAWWAROH
Mata Pelajaran :
Aqidah Akhlak
Kelas / Semester : X / Semester II
Standar Kompetensi : 7. Menghindari Perilaku Tercela
Alokasi Waktu :
6X45 menit
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Indikator Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Evaluasi
|
Alokasi Waktu
|
Sumber Belajar
|
7.1 Menjelaskan pengertian perilaku tercela
|
Perilaku tercela
|
·
Siswa mampu
menjelaskan pengertian perilaku tercela
·
Siswa mampu
menyebutkan macam-macam perilaku tercela
|
·
Guru menjelaskan
tentang pengertian perilaku tercela
·
Guru menjelaskan
tentang macam-macam perilaku tercela
|
·
Tanya jawab
·
Tes lisan
·
Tugas kelompok
|
1x45 menit
|
·
Buku
Pendidikan Agama Islam Kelas X dan XI
·
Al-Qur`an
terjemah
·
Juz
Amma
·
Internet
·
Slide
·
Video
|
7.2 Menjelaskan pengertian hasad
|
Hasad
|
·
Siswa
mampu menjelaskan pengertian hasad
·
Siswa
mampu menyebutkan dalil Al-Qur`an dan Hadits tentang hasad
·
Siswa
mampu menyebutkan contoh perbuatan hasad
·
Siswa
mampu menyebutkan dampak negatif hasad
·
Siswa
mampu menjelaskan cara menghindari perilaku hasad
|
·
Guru
menjelaskan tentang pengertian hasad
·
Guru
membacakan dan menjelaskan tentang dalil Al-Qur`an dan Hadits tentang hasad
·
Guru
menjelaskan tentang contoh perbuatan hasad
·
Guru
menjelaskan tentang dampak negatif hasad
·
Guru menjelaskan
tentang cara menghindari perilaku hasad
|
·
Tanya jawab
·
Tes lisan
|
1x45 menit
|
·
Buku
Pendidikan Agama Islam Kelas X dan XI
·
Al-Qur`an
terjemah
·
Juz
Amma
·
Internet
·
Slide
·
Video
·
Lembaran lepas
|
7.3 Menjelaskan pengertian riya`
|
Riya`
|
·
Siswa mampu
menjelaskan pengertian riya`
·
Siswa mampu menyebutkan
dalil Al-Qur`an dan Hadits tentang riya`
·
Siswa mampu
menyebutkan contoh perbuatan riya`
·
Siswa mampu
menyebutkan dampak negatif riya`
·
Siswa mampu
menjelaskan cara menghindari perilaku
riya`
|
·
Guru menjelaskan
tentang pengertian riya`
·
Guru
membacakan dan menjelaskan tentang dalil Al-Qur`an dan Hadits tentang riya`
·
Guru
menjelaskan tentang contoh perbuatan riya`
·
Guru
menjelaskan tentang dampak negatif riya`
·
Guru menjelaskan
tentang cara menghindari perilaku riya`
|
·
Tanya jawab
·
Tes lisan
|
1x45 menit
|
·
Buku
Pendidikan Agama Islam Kelas X dan XI
·
Al-Qur`an
terjemah
·
Juz
Amma
·
Internet
·
Slide
·
Video
·
Lembaran lepas
|
7.4 Menjelaskan pengertian aniaya
|
Aniaya
|
·
Siswa mampu menjelaskan
pengertian aniaya
·
Siswa
mampu menyebutkan dalil Al-Qur`an dan Hadits tentang aniaya
·
Siswa
mampu menyebutkan contoh perbuatan aniaya
·
Siswa
mampu menyebutkan dampak negatif aniaya
·
Siswa mampu
menjelaskan cara menghindari perilaku aniaya
|
·
Guru menjelaskan
tentang pengertian aniaya
·
Guru
membacakan dan menjelaskan tentang dalil Al-Qur`an dan Hadits tentang aniaya
·
Guru
menjelaskan tentang contoh perbuatan aniaya
·
Guru
menjelaskan tentang dampak negatif aniaya
·
Guru menjelaskan
tentang cara menghindari perilaku aniaya
|
·
Tanya jawab
·
Tes lisan
|
1x45 menit
|
·
Buku
Pendidikan Agama Islam Kelas X dan XI
·
Al-Qur`an
terjemah
·
Juz
Amma
·
Internet
·
Slide
·
Video
·
Lembaran lepas
|
7.5 Menjelaskan pengertian diskriminasi
|
Diskriminasi
|
·
Siswa mampu
menjelaskan pengertian diskriminasi
·
Siswa
mampu menyebutkan dalil Al-Qur`an dan Hadits tentang diskriminasi
·
Siswa
mampu menyebutkan contoh perbuatan diskriminasi
·
Siswa
mampu menyebutkan dampak negatif diskriminasi
·
Siswa mampu
menjelaskan cara menghindari perilaku diskriminasi
|
·
Guru menjelaskan
tentang pengertian diskriminasi
·
Guru
membacakan dan menjelaskan tentang dalil Al-Qur`an dan Hadits tentang
diskriminasi
·
Guru
menjelaskan tentang contoh perbuatan diskriminasi
·
Guru
menjelaskan tentang dampak negatif diskriminasi
·
Guru menjelaskan
tentang cara menghindari perilaku diskriminasi
|
·
Tanya jawab
·
Tes lisan
|
2x45 menit
|
·
Buku
Pendidikan Agama Islam Kelas X dan XI
·
Al-Qur`an
terjemah
·
Juz
Amma
·
Internet
·
Slide
·
Video
·
Lembaran lepas
|
Tenggarong,
16 Januari 2015
Mengetahui,
Kepala
SMA Al-Munawwaroh,
|
Guru
Pamong,
|
Mahasiswa
PPL,
|
JANIP,
S.Sos.I.,MSI
NIK:
|
WIJAYANTO
SAPUTRO, S.Pd.I
NIK:
|
SITI
HALIMAH TUSA’DIYAH
NIM:
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar